Selasa, 01 Mei 2018

BIDANG TABUNG

Bidang Tabung 

Pandang suatu garis lengkug dengan bidang pemuat V dan garis tidak sejajar dengan V. Lukis garis-garis  melalui titik-titik  pada garis lengkung tersebut  yang  sejajar dengan garis g. Garis-garis  lurus  tersebut  membentuk  suatu  himpunan  yang merupakan  bidang lengkung. Bidang lengkung yang terjadi adalah Bidang Tabung. Perhatikan ilustrasi berikut , Pandang sebuah garis lengkung k pada bidang V, dan garis gdengan bilangan arah [a, b, c] yang tidak sejajar dengan V. kemudian melalui titik-titik pada k dilukis garis -garis yang sejajar dengan g. garis-garis yang dilukis membentuk suatu himpunan garis yang merupakan sebuah bidang lengkung yang disebut Bidang tabung.



Kemudian jika k merupakan sebuah lingkaran dan sebarang garis g yang tidak sejajar dengan V. Dengan melukis garis-garis seperti cara di atas maka diperoleh sebuah bidang lengkung, yang disebut bidang tabung lingkaran miring.


Sekarang pandang jika k merupakan sebuah lingkaran dan garis tegak lurus terhadap V. Dengan demikian garis-garis seperti di atas, maka diperoleh sebuah bidang lengkung  yang disebut bidang tabung lingkaran tegak.





Persamaan Bidang Tabung 

Untuk menentukan persamaan bidang tabung dilakukan sebagai berikut : Misalnya, diketahui persamaan garis lengkung dasar tabung adalah:


Jika puncak P(x1, y1, z1)  garis g dengan bilangan arah [a, b, c]. 
Tentukan persamaan tabung tersebut !
Jawab :
Ambil sebarang titik, misalnya 
 
pada k. Ini berarti bahwa : 

Kemudian persamaan garis pelukis bidang adalah persamaan garis yang  melalui titik T dengan bilangan arah [a, b, c] yaitu:



Persamaan bidang tabung diperoleh jika titik T dijalankan. Artinya kita eliminasi koordinat T dari persamaan 1, 2, 3
Contoh :
Tentukan persamaan bidang tabung yang garsi-garis pelukisnya mempunyai bilangan arah [2,-3, 4] dan persamaan kurva dasarnya:

Kemudian persamaan garis pelukis tabung adalah persamaan garis yang melalui titik T dengan bilangan arah [2, -3, 4]
Persamaan bidang tabung diperoleh jika koordinat titik T dijalankan.Ini berarti eliminasi  Koordinat T dan  dari persamaan 1, 2, 3. Misalkan : 




Persamaan (*) dapat dinyatakan dalam bentuk : 


Dengan cara yang sama diperoleh :
Dari persamaan (2), dan , maka diperoleh :


Subsitusikan persamaan (3) ke persamaan (1), dari persamaan (1), , maka diperoleh


Dengan mensubsitusikan nilai  diperoleh:



Jadi, persamaan tabung yang diminta adalah :


0 komentar:

Posting Komentar